Profil PPMPI UNUSA

Pusat Pengembangan Masyarakat dan Peradaban Islam 

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Pendahuluan

Pusat Pengembangan Masyarakat dan Peradaban Islam (PPMPI) UNUSA merupakan sebuah lembaga pemikiran Islam yang – dengan cahaya Islam  berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah anNahdliyah – berkomitmen membantu masyarakat dalam menghadapi berbagai isu yang berkembang akibat kemajuan pesat di bidang ilmu pengetahuan – baik ilmu alam maupun sosial, serta kemajuan teknologi.

Kepada civitas akademika UNUSA, lembaga ini berkomitmen membekali mereka dengan kemampuan menggali sumber wahyu dan ‘harta karun’ tradisi intelektual Islam yang luas, untuk menjawab tantangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa kini, serta menyebarkan kearifan dalam menyikapi perubahan zaman.

Dalam rangka mencapai tujuan itu, PPMPI UNUSA bekerjasama dan menjalin hubungan dengan lembaga lain, baik di dalam maupun luar universitas, yang memiliki kompetensi di bidang kajian dan yang mempunyai perhatian pada pengembangan Islam dan kemasyarakatan. Pada akhirnya, PPMPI UNUSA diharapkan bisa menyebarkan wacana Islami yang tidak gagap dalam menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta arif dalam menyikapi perubahan zaman.

Visi

Menjadi lembaga pengkajian atas pemikiran Islam berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyah di Indonesia, dengan berkonsentrasi pada bidang studi interdisipliner atas persoalan-persoalan yang bersinggungan dengan Islam. Lembaga ini diharapkan berkontribusi pada pengembangan, penyebarluasan dan kemajuan Islam rahmatan lil alamin di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan lembaga ini turut serta dalam memelihara, bahkan menghidupkan kembali, peradaban Islam seiring dengan perjalanan zaman.

Misi

  1. Melakukan pengkajian terhadap isu-isu yang berkembang di masyarakat sebagai akibat kemajuan sains dan teknologi, baik dalam konteks lokal, nasional, regional, maupun global, dari sudut pandang spiritualitas (keimanan) Islam dan hukum Islam.
  2. Menjalin kerja sama konstruktif dengan lembaga yang memiliki kompetensi di bidang kajian dan perhatian terhadap perkembangan Islam dan kemasyarakatan.
  3. Melakukan kompilasi dan penyebarluasan materi-materi yang berkaitan dengan Islam dan kemasyarakatan sehingga bisa menjadi rujukan terpercaya bagi para Ulama dan Kyai dalam memperoleh informasi atas persoalan yang berkembang di masyarakat dari sudut pandang keilmuan, untuk dijadikan masukan dalam mencari solusi sosio-teologis dengan cahaya Islam berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah anNahdliyah.

Tujuan

  1. Mengkaji dan mensosialisasikan pemikiran Islam dalam menghadapi era globalisasi.
  2. Meningkatkan kualitas pendidikan studi Islam di perguruan tinggi dan jenjang pendidikan yang lebih rendah (sekolah, madrasah dan pesantren), serta mewujudkan generasi muda Islam Rahmatan lil Alamin
  3. Membantu memberikan solusi untuk pengambilan sikap atas permasalahan yang berkembangan di tengah masyarakat muslim sebagai akibat kemajuan sains dan teknologi.

Program Kerja

  1. RisetRiset ini dilakukan secara tepat guna bagi masyarakat, dengan agenda yang disesuaikan dengan kebutuhan dan memberikan solusi praktis atas segala permasalahan di masyarakat. Dalam setiap tahunnya, lembaga ini akan mengangkat satu tema utama dengan memberi ruang untuk mengkaji dari berbagai sudut pandang.
  2. Kajian dan KonferensiUntuk setiap tema yang dipilih, kajian dilaksankan secara rutin pada setiap bulan selama satu tahun, dengan menghadirkan para pakar, pemerhati, peneliti dan akademisi yang bersesuaian dengan tema kajian. Pada akhir pertemuan, lembaga ini akan merumuskan kesimpulan dan alternatif solusi terhadap tema yang dibahas tersebut. Jika dirasa perlu untuk dikembangkan lebih lanjut, sebagian tema kajian rutin bisa diangkat menjadi tema besar dalam konferensi, baik nasional maupun internasional.
  3. Penerbitan Buku dan JurnalJurnal dan buku ini diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Masyarakat dan Peradaban Islam UNUSA secara berkala, yang memuat karya ilmiah hasil penelitian maupun opini seputar pengembangan masyarakat dan peradaban Islam. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, pada setiap awal semester. Penerbitan ini akan mengundang seluruh peneliti, pemerhati, pengkaji, pengamat dari berbagai kalangan, baik akademisi, praktisi, mahasiswa maupun masyarakat umum, untuk berkontribusi.
  4. DakwahLembaga ini juga berpartisipasi dalam dunia dakwah keislaman baik di dalam maupun di luar universitas, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi. Diantaranya dengan pembuatan artikel dan video kegiatan.